WELCOME TOINUYASHA LOV3R'S BLOG
THANKS 4 VISITING

11 Juni 2011

5 Manfaat Air Mata Bagi Kesehatan

Apakah kamu suka menangis? Sama dunk, he he. Menangis bukan berarti kamu cengeng, tapi kalau kamu memang cengeng ea gak usah malu gitu, ha ha ha. Menangis memang bisa membuat mata merah dan bengkak, tapi sebenarnya ada manfaatnya. Diantaranya adalah :

1. Mencegah dehidrasi dan membantu penglihatan.

Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. Jadi dengan kata lain, yang dapat membantu penglihatan pada manusia bukan hanya mata, namun juga didukung oleh air mata.

2. Air mata bisa berfungsi sebagai antibakteri alami.

Air mata manusia mengandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang masuk ke dalam mata hanya dalam waktu 5 menit.

3. Melegakan perasaan.


Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi, mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Menangis bisa menurunkan depresi dan dapat melegakan perasaan. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Untuk itu ketika Anda mengalami masalah jangan malu untuk menangis dan mengeluarkannya tanpa harus dipendam.

4. Dapat mengeluarkan racun
.

Air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata. Hal ini dikemukakan oleh seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata.

5. Air mata yang keluar dapat mengurangi hormon stres yaitu hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Air mata juga berfungsi melawan penyakit yang ditimbulkan karena stres seperti tekanan darah tinggi.